Sambutan Ketua PERHATI-KL dalam penerimaan bantuan APD dari BNPB Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Sejumlah dokter gugur saat menangani pasien terkait Covid-19. Termasuk dokter spesialis hidung, telinga, tenggorok, bedah kepala leher (THT-KL).

Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh akun media sosial Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tercatat setidaknya sudah ada 3 dokter THT/THT-KL yang meninggal karena virus corona baru. Mereka adalah dr. Adi Mirsaputra, Sp.THT, dr. Bernadette Albertine Fransisca T, Sp.THT-KL, dan dr. Wahyu Hidayat, Sp.THT-KL.

Menurut Ketua PP PERHATI-KL Prof. DR. dr Jenny Bashiruddin, SpTHT-KL (K), dokter THT dalam melaksanakan praktik memiliki kontak erat dengan pasien. Dirinya mengaku prihatin, lantaran ada rekan sejawat yang berpulang karena Covid-19.

“Kami dari perhimpunan sudah membuat berbagai macam pedoman dan contoh bagaimana sebaiknya melakukan praktek dengan pasien. Harus menggunakan APD lengkap, setidaknya level 2, terutama masker N95,” ujar dr Jenny dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Alat pelindung diri (APD) level 2 yang dibutuhkan antara lain penutup kepala, googles, masker N95, handschoen atau sarung tangan, apron/gown, dan alas kaki. Namun memang dalam praktiknya, APD untuk dokter THT/THT-KL sangat terbatas. Diungkapkan oleh dr. Jenny, para dokter kesulitan mendapatkan masker N95, karena stok yang tersedia tidak sesuai kebutuhan.

Padahal, hampir banyak pasien yang datang untuk berobat ke dokter THT-KL dengan gejala Covid-19. Seperti yang diketahui, gejala infeksi virus corona baru yang umumnya muncul adalah batuk, pilek, dan sesak napas. Tanpa APD yang lengkap, tentunya dokter sangat rentan tertular oleh pasien.

“Teman-teman di THT menangani pasien yang datang dengan keluhan batuk, pilek, sesak napas. Kami juga termasuk yang berada di lini pertama ketika pasien datang,” ucap dr Jenny.

Keterbatasan APD bagi dokter spesialis THT-KL juga menjadi perhatian pemerintah. Hari ini, Pemerintah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan bantuan kepada dokter spesialis THT-KL yang diwakilkan oleh dr Jenny. Langkah ini disambut baik oleh PP PERHATI-KL, yang nantinya akan membantu mendistribusikan bantuan donasi APD ke dokter spesialis THT-KL di seluruh cabang.

“Mudah-mudahan ini jadi penyemangat kami bahwa tetap harus melayani pasien yang datang. Harapannya ini awal bantuan dan terus-menerus sesuai kebutuhan dari kelangkaan masker N95,” tandas dr Jenny.

https://www.indozone.id/health/YvsbXV/butuh-apd-level-2-dokter-tht-kl-kesulitan-dapat-masker-n95/read-all

https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/14482781/pemerintah-serahkan-7000-apd-ke-dokter-gigi-dan-dokter-spesialis-tht

World Sleep Day Virtual Course

Webinar Awam :
Edukasi Kesehatan Tidur : World Sleep Day Virtual Course

Halo Sobat ICTEC!

Dalam rangka memperingati hari kesehatan tidur dunia (World Sleep Day 2021) yang jatuh pada tanggal 19 Maret 2021.
Kelompok Staff Medis (KSM) Telinga Hidung Tenggorok-Kepala Leher RSCM FKUI bersama Instalasi Peningkatan Kompetensi dan Simulasi Klinik (iCom-Sik_ICTEC RSCM FKUI) akan menyelenggakaran :

Webinar Awam :
Edukasi Kesehatan Tidur : World Sleep Day Virtual Course
Jumat, 19 Maret 2020

Sobat ICTEC, dapat berpartisipasi mengikuti webinar ini dengan mengakses link pendaftaran : bit.ly/worldsleepday21


Dalam full day webinar awam dan virtual course nanti akan ada banyak narasumber ahli yang membagikan informasi dan pengetahuan tentang kesehatan tidur.

Lomba Literasi Kesehatan Tidur

Selain full day webinar dan virtual course, dalam acara ini juga akan diadakan Lomba Literasi Kesehatan Tidur.
Bagi sobat ICTEC Mahasiswa Kedokteran Seluruh Indonesia bisa berpartisipasi dalam acara lomba literasi kesehatan tidur ini.
Untuk 5 Pemenang akan mendapatkan kesempatan sesi diskusi langsung bersama Prof.Dr.dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FCPI(Hon.)

Sobat ictec yang berminat mengikuti lomba silahkan mengakses link pendaftaran bit.ly/esaiWSD2021

Info lengkap mengenai lomba bisa dilihat di flyer ya sobat!

Semua acara ini gratis, untuk sobat ICTEC semua di seluruh Indonesia,

Ayo segera daftar ya sobat ictec,
Kami tunggu partisipasinya!
“ICTEC- Working with you for training in excellence”
Kunjungi website kami :
www.ictec.id
Instagram : ictec.rscm.fkui
Twitter. : @ICTECRSCMFKUI
Facebook : ICTEC RSCM FKUI
Youtube : ICTEC RSCM FKUI

JE2Scourse

The 2nd Jakarta Endoscopic Ear & Sinus Surgery is back and will goes virtual!
Designed as an added value for a greater outreach, so everyone will stay updated during this pandemic situation.
The event will be held on 20-21, 28 March 2021.

Students, GPs, and Specialists are all welcome!
For registration, head to the link : https://bit.ly/3bHAH0L

Organized by ORL-HNS Department Faculty of Medicine, Dr. Cipto Mangunkusumo National Hospital and Academic Health System of Faculty of Medicine Universitas Indonesia.

For more information :
Website : jeesjess.id
Instagram : @je2scourse
Facebook : JE2Scourse


CP :

  • 085159245538 (rasyid & intan)

Oncology ORL Head and Neck Surgery Conference ke-6

Sambutan

dr. Hamsu Kadriyan, Sp.T.H.T.K.L(K), M.Kes

Assalamualaikum Wr. Wb.

Manajemen pasien kanker memerlukan penanganan multi-disiplin yang tepat untuk mencapai hasil yang terbaik. Oncology ORL Head and Neck Conference ke-6 kali ini akan diselenggarakan di pulau Lombok dan akan mempertemukan berbagai ahli khususnya di bidang THT-KL. Early registration sudah dibuka, silakan mendaftarkan akun untuk menjadi peserta konferensi dan atau melakukan submit abstrak di website ini.

Sampai berjumpa di pulau seribu masjid, Lombok.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Pendaftaran :

https://orlhnconference6.org/

Pendaftaran :

https://orlhnconference6.org/