Sambutan Ketua PERHATI-KL dalam penerimaan bantuan APD dari BNPB Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Sejumlah dokter gugur saat menangani pasien terkait Covid-19. Termasuk dokter spesialis hidung, telinga, tenggorok, bedah kepala leher (THT-KL).

Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh akun media sosial Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tercatat setidaknya sudah ada 3 dokter THT/THT-KL yang meninggal karena virus corona baru. Mereka adalah dr. Adi Mirsaputra, Sp.THT, dr. Bernadette Albertine Fransisca T, Sp.THT-KL, dan dr. Wahyu Hidayat, Sp.THT-KL.

Menurut Ketua PP PERHATI-KL Prof. DR. dr Jenny Bashiruddin, SpTHT-KL (K), dokter THT dalam melaksanakan praktik memiliki kontak erat dengan pasien. Dirinya mengaku prihatin, lantaran ada rekan sejawat yang berpulang karena Covid-19.

“Kami dari perhimpunan sudah membuat berbagai macam pedoman dan contoh bagaimana sebaiknya melakukan praktek dengan pasien. Harus menggunakan APD lengkap, setidaknya level 2, terutama masker N95,” ujar dr Jenny dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Alat pelindung diri (APD) level 2 yang dibutuhkan antara lain penutup kepala, googles, masker N95, handschoen atau sarung tangan, apron/gown, dan alas kaki. Namun memang dalam praktiknya, APD untuk dokter THT/THT-KL sangat terbatas. Diungkapkan oleh dr. Jenny, para dokter kesulitan mendapatkan masker N95, karena stok yang tersedia tidak sesuai kebutuhan.

Padahal, hampir banyak pasien yang datang untuk berobat ke dokter THT-KL dengan gejala Covid-19. Seperti yang diketahui, gejala infeksi virus corona baru yang umumnya muncul adalah batuk, pilek, dan sesak napas. Tanpa APD yang lengkap, tentunya dokter sangat rentan tertular oleh pasien.

“Teman-teman di THT menangani pasien yang datang dengan keluhan batuk, pilek, sesak napas. Kami juga termasuk yang berada di lini pertama ketika pasien datang,” ucap dr Jenny.

Keterbatasan APD bagi dokter spesialis THT-KL juga menjadi perhatian pemerintah. Hari ini, Pemerintah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan bantuan kepada dokter spesialis THT-KL yang diwakilkan oleh dr Jenny. Langkah ini disambut baik oleh PP PERHATI-KL, yang nantinya akan membantu mendistribusikan bantuan donasi APD ke dokter spesialis THT-KL di seluruh cabang.

“Mudah-mudahan ini jadi penyemangat kami bahwa tetap harus melayani pasien yang datang. Harapannya ini awal bantuan dan terus-menerus sesuai kebutuhan dari kelangkaan masker N95,” tandas dr Jenny.

https://www.indozone.id/health/YvsbXV/butuh-apd-level-2-dokter-tht-kl-kesulitan-dapat-masker-n95/read-all

https://nasional.kompas.com/read/2020/04/07/14482781/pemerintah-serahkan-7000-apd-ke-dokter-gigi-dan-dokter-spesialis-tht

World Hearing Day 2021 Indonesia

 

#hearathon2021
#worldhearingday
#hearingcare
#safelistening

 

Sambutan Ketua PP PERHATI-KL

Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, Sp.T.H.T.K.L(K) – Head of Indonesian ORLHNS

Hari Pendengaran Sedunia 2021 menyampaikan pesan aksi / upaya global untuk mengatasi gangguan pendengaran dan penyakit telinga di sepanjang kehidupan. Seluruh Anggota PERHATI – KL di seluruh Indonesia akan secara konsisten dan terus menerus mengupayakan hal ini sepanjang waktu

The World Hearing Day 2021 present a global call for action to address hearing loss and ear diseases across the life course. All Members of Indonesian Association Otorhinolaryngology Head&Neck Surgery throughout Indonesia will consistently and continuously strive for this action all the time

Sambutan Ketua Panitia WHD Indonesia 2021

Dr Ronny Suwento, Sp.T.H.T.K.L(K).
Chair of the World Hearing Day 2021 Committee
PP PERHATI-KL & WHO CC for PDH INO-19

Hari Pendengaran Sedunia diadakan pada tanggal 3 Maret setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana mencegah gangguan pendengaran dan ketulian serta mempromosikan perawatan kesehatan telinga dan pendengaran di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia.

Ayo bersama kita sukseskan peringatan WHD 2021.

World Hearing Day is held on 3 March each year to raise awareness on how to prevent hearing loss and deafness, and promote ear and hearing care across the world, and of course in Indonesia.

Come on, let’s succeed WHD 2021 together.

Kegiatan Hari Pendengaran Sedunia 2021

Webinar Umum – GRATIS

1. Advokasi Hari Pendengaran Dunia di Indonesia 2021

Tema : “Mengintegrasikan Program Kesehatan Telinga & Pendengaran yang Berorientasi pada Individu dalam Rencana Kesehatan Nasional yang Mencakup Kesehatan Universal.”

Rabu 3 Maret 2021

Waktu: 14.00 – 16.30 WIB

Peserta:

Masyarakat umum, kelompok orang tua anak tuna rungu, ahli audiologi, ahli terapi wicara, guru Sekolah Luar Biasa untuk Tuli (SLB-B).

KLIK LINK DIBAWAH UNTUK PENDAFTARAN ZOOM (Silahkan Segera Mendaftar) :

https://perhati-kl.or.id/zoom-meetings/advokasi-hari-pendengaran-dunia-di-indonesia-2021/


2. Webinar : Informasi Seputar Alat Bantu Dengar (ABD)

Sabtu, 6 Maret 2021

Waktu: 08.00 – 11.00 WIB

Peserta:

Masyarakat umum, kelompok orang tua anak tuna rungu, ahli audiologi, ahli terapi wicara, guru Sekolah Luar Biasa untuk Tuli (SLB-B).

LINK PENDAFTARAN ZOOM

KLIK LINK DIBAWAH UNTUK PENDAFTARAN ZOOM (Silahkan Segera Mendaftar) :

https://perhati-kl.or.id/zoom-meetings/webinar-awam-alat-bantu-dengar-world-hearing-day-2021/


3. Webinar : Informasi Seputar Implantasi Koklea

Minggu, 7 Maret 2021

Waktu: 08.00 – 11.00 WIB

LINK PENDAFTARAN ZOOM

(KUOTA 1.000 PESERTA, Silahkan Segera Mendaftar) :

https://perhati-kl.or.id/zoom-meetings/webinar-awam-implan-kohlea-world-hearing-day-2021/

Peserta:

Masyarakat umum,

kelompok orang tua anak tuna rungu,

ahli audiologi,

ahli terapi wicara,

guru Sekolah Luar Biasa untuk Tuli (SLB-B).


Lomba Poster

Pendaftaran lomba Poster : http://tiny.cc/WHD2021poster

Lomba Video Edukasi

pendaftaran : http://bit.do/videoWHD2021

Pemesanan Kaos WHD 2021

Dapatkan segera kaos World Hearing Day 2021, persediaan terbatas.

Kaos World Hearing Day 2021

Harga Rp 200.000,-

Setelah melakukan pembayaran, silahkan kirimkan bukti transfer melalui WA dengan klik tombol di bawah ini :

Pemesanan Masker WHD

Sosialisasi KOPMAS (Koperasi PERHATI-KL)

Koperasi PERHATI KL
Mandiri Sejahtera (KOPMAS)

Prinsip dasar

  • Koperasi berdasar atas asas kekeluargaan dari kita oleh kita untuk kita.
  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
  • Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
  • Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.

Visi Koperasi Menjadikan KOPERASI PERHATI KL MANDIRI SEJAHTERA  (KOPMAS) sebagai wadah untuk menyejahterakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok  Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).

Misi Koperasi

  1. Mengajak potensi seluruh anggota PERHATI-KL untuk bersama dan  beritikad baik membangun ekonomi kerakyatan secara gotong royong dalam bentuk koperasi.
  2. Membentuk badan hukum dan badan usaha untuk meningkatkan  kesejahteraan anggota koperasi.
  3. Membantu anggota koperasi dalam memenuhi kebutuhannya.
  4. Bekerja secara profesional serta menjunjung tinggi etika dan tidak bertentangan dengan prinsip agama dan hukum.
  5. Terbuka dan transparan dalam menyampaikan informasi laporan  kinerja koperasi.

Bidang Usaha Koperasi

Usaha Utama :

  • Perdagangan besar alat laboratorium, farmasi dan kedokteran

Usaha Pendukung:

  • Usaha yang mencakup usaha pedagang perantara yang menerima komisi dari pedagang eceran lain yang memperdagangkan.

Usaha Tambahan:

  • Menjalankan aktivitas pengacara/penasihat hukum, lembaga bantuan hukum serta jasa hukum lainnya.
  • Menjadi asuransi profesi yang bersifat gotong royong

Syarat Menjadi Anggota Koperasi

  1. Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL).
  2. Mempunyai kemampuan penuh untuk melakukan tindakan hukum.
  3. Bertempat tinggal di lintas provinsi dalam wilayah Republik Indonesia.
  4. Menyatakan kesanggupan tertulis untuk melunasi simpanan pokok dan simpanan wajib yang besarnya berdasarkan hasil keputusan rapat anggota.
  5. Menyetujui isi Anggaran Dasar dan ketentuan yang berlaku.

Investasi

  • Simpanan Pokok sebesar Rp 1.000.000.- dibayar satu kali saja.
  • Simpanan Wajib sebesar Rp 1.500.000.- per tahun.

Apakah Hilang?

  • Bila anggota ingin mengakhiri keanggotaannya pada koperasi, maka simpanan pokok dan simpanan wajib yang telah disetorkan ke koperasi akan dikembalikan sesuai perhitungan sisa hasil usaha pada saat itu.
  • Mendapatkan polis pendampingan hukum dan pertanggungan profesi dengan nilai pertanggungan maksimal Rp150 juta

Pendampingan Hukum Anggota Koperasi

KOPMAS bekerja sama dengan kantor hukum yang akan:

  • Monitoring perselisihan/komplain/tuntutan dan memberikan konsultasi atau legal advice. 
  • Membantu mendampingi dan/atau mewakili anggota menghadapi  laporan/pengaduan/gugatan pihak pasien/keluarganya kepada MKDKI dan atau  kepada aparat penegak hukum.
  • Membantu melakukan negosiasi terhadap pihak pasien/keluarganya ataupun pihak lain yang menyampaikan klaim/tuntutan/gugatan.
  • Membantu pengurusan pembayaran klaim ke pihak asuransi bila  menghadapi kendala pencairan (Bila anggota juga mempunyai asuransi  profesi lain).
  • Berkoordinasi dengan pihak FASYANKES tempat anggota bekerja dalam  pemeriksaan internal untuk menentukan posisi kasus.
  • Membantu mewakili anggota dalam menghadapi somasi pihak  pasien/keluarganya.
  • Mendapat sesi kelas medikolegal secara online 2 kali dalam setahun.
  • Mendapat workshop online tentang strategi penanganan sengketa medis  dan teknik negosiasi secara online 2 kali dalam setahun.
  • Mendapat konsultasi hukum perpajakan dan aplikasi pajak profesi, badan  hukum dan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).
  • Mendapat waktu setidak-tidaknya 1 kali dalam 3 bulan untuk konsutasi secara langsung di kantor pihak pertama terkait dengan hukum keluarga, hukum waris, wakaf, hibah dan yang lainnya.

Kesimpulan

  • Mendapatkan polis pendampingan hukum dan pertanggungan  profesi dengan nilai pertanggungan maksimal Rp150 juta.
  • Mendapatkan kelas medikolegal secara rutin.
  • Konsultasi non-medikolegal (hukum waris, wakaf hibah dll) 1 kali

dalam 3 bulan.

Mendapat fasilitas pembelian alat-alat dengan kemudahan  pembayaran.

Mendapatkan bagi hasil koperasi secara adil.

Berikut adalah Dokumentasi Kegiatan sosialisasi KOPMAS.

Kajian KOPMAS

Jika ada pertanyaan terkait KOPMAS dapat bertanya nomor diatas atau melalui chat whatsapp dengan klik icon berikut :

Jika Anda berminat untuk bergabung bersama KOPMAS silahkan mendaftar melalui link berikut :

https://bit.ly/daftarKOPMAS